Bingung Milih Fakultas???

by nuzuli ziadatun ni'mah


Halo!!!

Di tahun ajaran baru ini, kita sebagai calon mahasiswa harus bersiap-siap teman.

Nah, di kelas 3 ini, kita nggak boleh yang namanya MALAS!!! Itu musuh utama kita sebenarnya. Tapi bukan berarti kita harus memaksa diri dengan berlebihan. Yang penting enjoy aja dengan belajar kita sekarang. Karena saat kita menyukai suatu pelajaran, pelajaran itu akan dengan mudahnya diterima oleh pikiran kita. Right??😀

Tugas paling utama bagi anak kelas 3 emang belajar. Cuma, yang mau kubahas di sini bukan masalah belajarnya, tapi gimana setelah lulus?? Mau kuliah di mana??

Saran paling utama yang harus diperhatiin adalah tentukan pilihan sekarang juga!!! Gimana caranya???

  • Mengenal diri sendiri

Yang namanya mengenali diri sendiri inilah yang bakal menentukan banget. Maksudnya mengenal diri sendiri adalah tahu kemampuan utama kita sendiri. Soalnya, kalo kalian sekolah tapi nggak suka sama bidangnya, pasti jadinya nggak ikhlas kan?? Jadi nggak masuk ke otak juga kan pelajarannya? Makanya, cari tahu kemampuan utama kalian yang paling kalian suka banget tu apa?

Kalo aku si, sukanya yang seni-seni. Pokoknya yang ada gambar-gambarnya itu yang paling mantep!

  • Kemampuan ++

Kalo kalian udah tahu kemampuan utama kalian apaan, saatnya kalian kenali kemampuan tambahan kalian apaan. Mungkin kamu nggak begitu jago di bidang ini, tapi kalian suka. Masukin aja ke list kalian.

Misalnya ni, aku lumayan suka sama matematika sama fisika. Tapi nggak mau sampai mendalami banget. Pengennya setengah-setengah aja…. ^^,

  • Lihat peluang kerja

Kalo udah bikin list mata pelajaran, saatnya dicocokin ke fakultas-fakultas yang cocok. Terus kita lihat prospeknya, bagusan yang mana?

Kalau aku, kan sukanya gambar, matematika, fisika. Jadi lebih cocoknya ke arsitektur, atau teknik sipil. Bisa juga mungkin ke fakultas seni rupa dan desain. Baru kita lihat peluang kerjanya ke depan…. Kalau bingung, tanya-tanya aja sama kakak kelas atau siapa gitu yang lebih tahu….

  • Tentuin yang paling kalian suka!

Meskipun udah bikin list panjang lebar, mungkin ada yang nggak terlalu disukai. Tapi sebelumnya, pikirin dulu sebelum nentuin pilihan….

  • Peluang masuk

Di sini ni yang agak susah. Kalian juga harus tahu peluang masuknya gimana. Mungkin ada orang yang bilang kalo seumpama masuk ke fakultas x atau y gampang, tapi kalian juga harus jaga-jaga. Di sinilah butuh narasumber (gaya banget) biar bisa nanya-nanya.

Kalo peluang masuknya cukup kecil, jangan langsung nyerah. Belajar mulai dari sekarang….

  • Adanya faktor X

Kadang-kadang justru inilah yang jadi masalah. Sebagian orang ada yang nggak jadi masuk ke universitas tertentu gara-gara adanya faktor X ini. Apa aja emangnya???

Faktor X bisa aja menyangkut jarak dengan rumah, biaya hidup, pergaulan, dan segala macamnya yang menyangkut lingkungan. Bagian ini diskusikan sama orangtua, jadi kaliannya juga enak….

  • Jangan gampang percaya omongan orang

Pasti kalo masalah kayak gini, banyak yang suka plin plan gara-gara omongan orang. Kalo udah lihat bagian atas-atas ini, harusnya kalian udah bisa menyakinkan diri. Hanya saja, terkadang ada orang yang bilang, ah kalo kalian ngambil ini, susah lho! Banyak dukanya. Entar kalian bisa nggak kuat, dan bla bla bla….

Kalo kalian emang ngerasa nggak peduli, cuek aja. Toh kalian kan udah punya fakultas dan jurusan pilihan sendiri.

Oya, kalian juga tentuin universitasnya. Mana yang kiranya lebih baik…. Yah, semua itu cuma saran semata. Kalo pengen bisa lebih yakin lagi, coba aja tanya langsung sama mahasiswanya. Jadi kalian beneran tahu. Jangan sampai, UN udah di depan mata kalian masih belum punya tujuan. Makanya, lebih baik pikirin dari sekarang. Jangan lupa BELAJAR juga buat UN!!

Meskipun aku juga nggak jamin aku bakal kayak gitu, tapi dari lama aku udah menentukan mau masuk Arsitektur ITB…. ^^,

Semoga kalian juga bisa masuk ke fakultas dan universitas yang kalian inginkan…. Amiin…

updated note:

Saya akhirnya masuk Arsitektur UGM, yang walaupun nggak sesuai target tapi saya bersyukur bisa masuk UGM. Dan alasan saya nggak jadi masuk ITB ‘hanya’ karena faktor x yang saya rasa kalian tau maksudnya…

And the last, selamat berjuang!!🙂