Plus-plus (part 1)

by nuzuli ziadatun ni'mah


Tau nggak?? (gaya bener ngomongnya)

Kenapa malam hari panas ya, padahal lagi musim hujan…??? Kadang suka mikir gitu nggak? Nah, pada ternyata tanggal 1 Januari, bumi kita berada paling dekat dengan matahari, jadi terasa gerah banget kalo malam hari. Tapi, agak aneh juga kan kalo ternyata, justru di saat inilah, hujan lagi super duper parah intensitasnya. Ya iya lah…. Siang hari, karena bumi sangat dekat dengan matahari, jadinya yang namanya penguapan itu cepet. Makanya gampang hujan. Tapi malam harinya justru malah gerah. Soalnya kan bumi paling deket sama matahari, jadi radiasi panasnya lebih besar. Makanya kan kadang-kadang suka bikin heran.

Nah, sudah pastilah, tanggal 1 Juli bumi kita berada pada titik terjauh orbitnya—itu sih kalo belum bergeser ya. Makanya, meski musim panas—kalo di Indonesia musim kemarau—di malam hari justru super dingin. Apalagi buat yang tinggal di tempat yang emang dasarnya sejuk, malam hari jadi super dingin.

Tapi itu cuma ngaruh buat daerah-daerah tertentu. Misalnya daerah yang emang dasarnya masih asri, pasti perubahan kayak gitu terasa banget. Tapi kalo untuk Jakarta… mmm… nggak jamin bakal merasakan perbedaan. Soalnya, gimana pun di Jakarta itu adanya kepanasan. Nggak tahu siang apa malam.

Note: Aku nggak tahu bener apa salahnya. 50% sotoy…. Habisnya udah lama banget aku bacanya… hohoho….