Yogyakarta (part 1)

by nuzuli ziadatun ni'mah


Kalo ada orang yang bilang nggak kenal sama kota Jogja, pasti dia belum pernah keluar rumah sama sekali.

Yes, it’s my hometown. The most beautiful city!!!! (for me)

Jogja, dengan julukan kota pendidikan, sekarang telah bangkit kembali! Misalnya nih ya, di OSN (olimpiade sains nasional) Jogja sudah bangkit dari ‘keterpurukan’. Selama ini Jogja selalu berada di peringkat ke 5 nasional dari perolehan medali, tapi belakangan, perolehannya meningkat lho!

Tahun 2007, Jogja berada di peringkat 5 dengan perolehan emas dan perak sama dengan perigkat ke 4. Yang membedakan cuma perolehan medali perunggu. Yah, maklum saja, tiap kali Jogja hanya bisa mengirimkan kurang lebih 60 siswanya ke ajang bergengsi tingkat nasional ini. Itu semua tentu aja karena adanya penjatahan. Sedangkan daerah seperti Jakarta, bisa mengirimkan lebih dari 100 siswa. Dengan perbedaan yang sebegitu besar, jelas saja Jogja kesulitan menyusul.

Namun, di tahun 2008 kemarin, akhirnya Jogja naik peringkat lho!! Jogja jadi peringkat 3!!

Karena perolehan medali emas Jogja yang cukup banyak, akhirnya Jogja bisa melampaui daerah lainnya. Terlebih lagi, yang dapet emas itu nggak tanggung-tanggung. Di fisika aja, siswa-siswa Jogja bisa menduduki peringkat 1 dan 2 nasional.

Sekarang Jogja lebih sadar pendidikan. Apalagi menyangkut OSN. Jogja lebih ‘bebas’ dalam menyaring anak-anak berpotensi tinggi dalam dunia olimpiade. Jadi, lebih banyak anak dengan kemampuan tinggi yang tersaring dan berkesempatan mengharumkan nama Jogja. Yah, semoga aja bakal ada banyak kejutan lagi di tahun-tahun yang akan datang.

Meski sekarang aku udah nggak mewakili Jogja, tapi aku tetep bangga pernah menjadi salah satu dari banyak siswa Jogja yang ikut mengharumkan nama Jogja dalam ajang bergengsi se Indonesia itu. Selain itu, cintaku masih melekat erat di DJOGKJA!!! ©©©