Yogyakarta (part 3)

by nuzuli ziadatun ni'mah


Buat kalian yang suka backpacking, kayaknya cukup seru kalo menjelajah tempat-tempat wisata di pelosok-pelosok Jogja. Mulai dari yang paling utara dan paling dingin ni, ada Kaliurang. Kaliurang sendiri adalah salah satu wisata alam kebanggaan orang Jogja. Terletak di kaki gunung Merapi yang sampai sekarang pun masih aktif. Di sana bener-bener masih asri lho. Kalian yang punya jiwa penjelajah kayaknya cocok banget buat dateng ke tempat ini dan menjelajahi setiap sudutnya. Tapi hati-hati, soalnya jalannya licin. Di sana udara terlalu lembab dan basah. Ada air terjunnya lho….

Ada juga tempat yang sangat indah (kalo menurut pembicaraan orang-orang), yaitu Pegunungan Menoreh. Pegunungan ini terletak di Kabupaten Kulon Progo dan membentang dari ujung selatan hingga ke ujung utara kabupaten tersebut. Dari sana, kalian bisa melihat pemandangan kota Jogja. Bisa juga buat wisata alam dan buat camping untuk kalian yang suka. Ada juga tempat yang bisa memperlihatkan ke kita pemandangan kota Jogja, yaitu Bukit Pathuk. Bukit ini terletak di Gunung Kidul dan merupakan tempat yang sering dikunjungi banyak orang karena panoramanya yang indah. Sayangnya, tak ada tempat khusus di sana untuk pengunjung, hanya berupa jalan raya biasa yang bisa melihat kota Jogja secara keseluruhan.

Nah, kalo nggak suka ke tempat yang tinggi-tinggi, wisata pantai adalah solusinya. Mulai dari yang paling barat, ada Pantai Trisik. Terletak di kabupaten Kulon Progo. Sedangkan untuk pantai yang terletak di Bantul, ada Pantai Pandansimo. Jika kalian ke pantai ini, kalian bisa melihat muara Sungai Progo dengan berjalan ke arah barat beberapa puluh meter. Tapi jangan mencoba menceburkan diri kalau tak ingin terbawa arus. Bagi yang ingin ke Pantai yang lebih alami dan masih jarang dikunjungi (tapi bersih dan indah), kalian bisa memilih ke Pantai Kwaru. Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Pandansimo. Salah satu alasan banyak orang datang ke pantai ini, karena Kwaru lebih bersih dan masih alami. Selain itu, tidak ada pungutan biaya jika masuk ke area pantai ini.

Ada juga pantai yang merupakan surga ikan, yaitu Pantai Depok. Pantai yang satu ini adalah basisnya nelayan. Terletak di sebelah barat pantai Parangtritis. Kalian yang suka makan seafood, di sini lah tempat yang sangat tepat. Selain murah, tempat ini juga menawarkan berbagai masakan yang pastinya bikin perut lapar. Tempatnya juga bersih dan cukup rapi. (note: untuk orang lokal (yang nggak pake helm), biasanya nggak dipungut biaya masuk ^^,). Nah, di sebelah timurnya ni, ada pantai yang udah sangat terkenal, Pantai Parangtritis. Berbeda dengan pantai lain di Jogja, pantai ini sangat landai dan ombak yang kecil. Tapi jangan meremehkan, jika kalian terlalu ke selatan, kalian bakal terseret arus dan… wassalam.

Kalo kalian pengen ke pantai yang agak jauhan dikit tapi lebih bagus, dateng aja ke Pantai Baron, Krakal, atau Kukub. Ketiga pantai ini berada di Gunung Kidul dan merupakan pantai yang sangat indah. Meski belum pernah ke sana, tapi dari info yang dapat dipercaya, kalian pasti nggak bakal nyesel kalo meski udah jauh-jauh dateng ke sana.

Sebetulnya masih ada banyak tempat wisata lagi, seperti Gua Selarong, Kasongan, Monumen Jogja Kembali, dan Candi Prambanan. Tapi nulisnya agak capek. Maybe next time…. J J