Dunia Paralel

by nuzuli ziadatun ni'mah


Bagi orang yang masih awam, mungkin kalian belum pernah dengar apa itu dunia parallel. Nah, di sini nih, aku mau kasih tahu kalian sedikit tentang dunia yang banyak diyakini para ilmuwan ini. Bukan berarti kalian juga harus percaya, hanya saja, aku hanya ingin memberikan gambaran tentang dunia paralel.

Dari sebuah komik detektif yang pernah kubaca, di dunia ini, banyak ilmuwan meyakini tentang adanya dunia paralel. Nah, dunia paralel adalah dunia yang berdampingan dengan dunia kita di mana semua hal yang terjadi di dunia nyata berkebalikan dengan yang terjadi di dunia paralel, dan begitu pula sebaliknya.

Misalnya, kalian melempar sebuah dadu, dan yang muncul adalah angka 5. Tentu saja itu hal yang sudah biasa kan? Di sini lah letak pengertian dunia paralel. Saat kita melempar dadu, sebetulnya kita memiliki 6 kemungkinan munculnya mata dadu, yaitu 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Nah, dunia nyata adalah dunia di mana kemungkinan yang ada muncul sebagai sebuah kenyataan, yaitu ketika angka 5 muncul. Sedangkan ketika itu, muncul juga 5 dunia paralel di mana seharusnya mata dadu 1, 2, 3, 4, dan 6 yang muncul. Jadi, intinya, dunia paralel itu dunia yang terbentuk saat sebuah kemungkinan tidak terlaksana dalam dunia nyata.

Teori ini menurutku sendiri terdengar cukup aneh, karena dengan begitu semua orang memiliki dunia paralel sendiri yang terbentuk tiap detiknya. Namun, banyak ilmuwan, dan mungkin kebanyakan, malah memercayai teori ini. Memang, tidak ada seorang pun yang bisa membuktikan bahwa teori ini benar, karena penelitian yang berlangsung belum menghasilkan banyak informasi. Namun, kepercayaan mereka sama sekali tidak berubah, karena menurut mereka, sesuatu yang tidak terlihat belum tentu tidak ada. Berdasarkan kalimat itulah, banyak yang menganggap keberadaan dunia paralel itu nyata.