Hand-made Bag

by nuzuli ziadatun ni'mah


Suatu pagi setelah shalat subuh, tiba-tiba otakku mendapat ide sangat brilian. Membuat tas!

Buru-buru aku mencari kertas untuk menorehkan gambaran tas yang sudah terbayang di kepalaku. Aku bahkan menuliskan ukurannya. Lalu setelah kuanggap pas dan keren, aku kemudian berpikir lagi, ‘Dari mana aku dapet bahan untuk buat tas?’. Akhirnya aku membongkar lemariku dan mencari baju yang masih bagus tapi sudah tidak muat kupakai. Setelah bahan utamanya terkumpul, aku mencari ibuku dan meminta izin. Untunglah ibuku meng-iya-kan.

Awalnya aku ragu-ragu, tapi akhirnya aku benar-benar menjalankan program-percobaan-membuat-tas itu. Selama sehari penuh aku mengurung diri di kamar dan menghabiskan berpuluh-puluh meter benang untuk membuat tas kain itu. Setelah kerangka utamanya selesai, aku memikirkan kembali bahan-bahan tambahan yang harus kubeli, diantaranya: kancing, resleting, dan kain untuk bagian dalam tas.

Sore harinya, aku dan adikku meluncur ke toko alat jahit di kecamatan kami. Ternyata murah!

Kain 1 meter                             :           8000

Kancing kecil 3 @ 150          :             450

Resleting 40 cm                      :           1000

Dengan senang aku membawanya pulang. Akhirnya semangatku untuk menyelesaikan tas buatan sendiri itu mencapai level ‘tinggi parah’.

Hari berikutnya, aku tetap mengurung diri di kamar. Ternyata cukup sulit untuk menyelesaikan bagian akhir tas karena bentuknya sudah sangat rumit. Sering kali benangnya nyangkut dan itu membuatku emosi. Pukul 3 sore aku menyerah dan malah pergi ngenet ke warnet dekat rumah.

Hari ini adalah hari ketiga dan tas yang kubuat sudah hampir selesai. Senang sekali akhirnya perjuanganku selama 3 hari membuahkan hasil. Sayangnya aku masih belum memberikan selempang buat tas ini. Jadi masih belum sepenuhnya selesai. Hahaha….

Buat kalian yang punya ide kreatif, coba aja bikin. Siapa tahu kalian memang berbakat membuatnya. Nggak perlu minder karena nggak bisa jahit pake mesin jahit. Nyatanya tas buatanku ini murni dibuat dengan jahitan tangan. Selamat mencoba!