Hand-made Accessories

by nuzuli ziadatun ni'mah


Saat melihat judulnya, pasti terdengar susah, padahal gampang kok cara bikin accessories buatan kita sendiri.
Kali ini aku akan memberitahu kalian cara membuat bros kecil dari kain flannel.

Pertama:
Hal pertama yang jelas harus kalian lakukan adalah membeli peralatan, yang di antaranya:
– kain flannel 20×25 cm @ 1500 (2500 di Gramedia)
– benang jahit sesuai warna kain @ 1000
– jarum 1 paket 2000
– peniti untuk bros kecil @ 200
– dakron secukupnya (bisa cari di toko alat jahit)
– gunting
– kertas untuk membuat pola
– pensil
– lem (jika perlu)
murah dan gampang kan?! Kalian bisa temukan semuanya di toko alat jahit.

Kedua:
Gambar pola/bentuk yang kalian inginkan di kertas. Misalnya bentuk hati atau huruf. Untuk tahap awal, lebih baik kalian membuat bentuk yang menurut kalian mudah. Lalu gunting bentuk yang sudah kalian buat. Buat bentuk yang sama pada kain flannel dan gunting sebanyak 2 buah. Setelah selesai menggunting, singkirkan kertas, lalu beralihlah pada jarum dan benang.

Ketiga:
Siapkan jarum dan benang. Lebih baik gunakan jarum yang paling kecil. Gabungkan 2 potong kain flannel yang kalian buat dengan tangan (jangan dilem karena akan diisi dengan dakron). Ikat bagian bawah benang, dan mulailah menjahit. Gunakan pola seperti gambar.
Jika kalian kehabisan benangdi tengah jalan, ikat benang dan potong, lalu lakukan seperti saat pertama memulai. Note: arah jahitan ke kiri.

Keempat:
Berhentilah menjahit saat jarak jahitan dengan awal jahitan tinggal selebar jari telunjuk. Mulailah memasukkan dakron ke dalam kain flannel yang sudah berbentuk seperti kantong sesuai selera kalian. Jika sudah penuh, tuntaskan jahitan kalian dan ikat mati.

Kelima:
Singkirkan semua peralatan yang tidak diperlukan dan ambil peniti untuk bros. Jahit, atau lem peniti tersebut di bagian belakang bros (kalian bebas menentukan bagian belakang dan depan bros yang kalian buat).
Mudah dan murah kan?! Kalian bisa mengembangkan kreasi bentuk kalian sendiri. Siapa tahu kalian ingin berbisnis sendiri. Cara ini juga bisa untuk membuat gantungan kunci. Bedanya, ganti peniti dengan gantungan yang juga bisa di dapat di toko alat jahit.

Note: Jika kalian tidak ingin bersusah payah tapi ingin mendapatkannya, silahkan pesan ke saya. Harga mulai dari 1500 per bros. Atau jika ingin tanya lebih jelasnya, silahkan…. Selamat mencoba!!