Earth These Days

by nuzuli ziadatun ni'mah


Nggak heran kalo sekarang banyak banget masalah di bumi. Musim aja udah nggak bisa diprediksi sama sekali, yang akhirnya berakibat pada hewan dan tanaman yang nggak bisa terlalu menyesuaikan. Mungkin kalo bagi manusia itu oke-oke aja. Jelas aja karena manusia punya daya tahan lebih baik dari makhluk lain.

Tapi, sebagai sesama makhluk, bukankah hal yang paling mulia adalah saling membantu dengan makhluk lain? Manusia yang menyebabkan banyak masalah di bumi, tapi tanggungjawab yang dilakukan belum atau bahkan nggak ngasih apapun…

Kapankah manusia sadar dengan semua kesalahannya? Bahkan aku sendiri mungkin hanya sadar ketika aku menulis ini. Tapi aku tetap yakin, jika kita terus melakukan hal yang baik, meski sepele, setidaknya banyak yang bisa kita kurangi. Yang paling penting adalah memulai dari diri sendiri, dan saling mengingatkan. Itulah hal yang paling penting.

Di dunia sekarang ini, banyak sekali orang yang menyerah pada rasa malas. Karena itulah pula, jika kita terus melawan rasa malas itu, kita akan berada selangkah lebih jauh dari orang lain.