Mau belajar Hangugeo (bahasa korea)?

by nuzuli ziadatun ni'mah


Sekarang banyak banget orang yang suka sama korea—aku juga sih…=P. jadi aku sebagai orang yang lagi belajar juga pengen ngasih sedikit tips, yang sudah kuuji ke diri sendiri. Yang bakal kusebutin ini yang menurutku efektif.

Sebelum mulai belajar bahasa korea, cari dulu sesuatu yang bikin tertarik sama bahasa korea. Kalo bisa sampe pengennya banget-banget gitu. Kenalan sama orang yang udah bisa biar ngiri trus jadi termotifasi.
Nah kalo udah, jangan langsung belajar bahasanya, kalo menurutku belajar nulisnya dulu. Huruf Korea itu namanya hangul. Nggak susah kok belajar hangul, soalnya kayak huruf abjad gitu. Sering-sering nulis aja biar gampang ingetnya. Soalnya belajar nulis itu menurutku penting. Kalo misalnya cuma belajar romajinya, bakal agak susah, soalnya banyak yang tulisan sama pengucapannya beda.

Kalo udah bisa, baru deh belajar grammarnya. Kalo menurutku lebih baik jangan langsung ke yang percakapan, banyak yang beda soalnya. Misalnya aja kalo buat kalimat yang future tense, ada banyak bentuk. Kalo mau, cari bukunya yang info grammarnya banyak. Yang kurekomendasiin buku “Panduan Lengkap Belajar Bahasa Korea” terbitan Pusaka Widyatama. Di sana grammarnya banyak banget, contoh percakapan juga ada, ada diarynya juga lho…. Kalo merasa perlu, beli juga kamusnya. Tapi kalo emang nggak begitu butuh nggak usah juga nggak begitu masalah, cari aja di internet. Di buku yang kurekomendasiin itu juga banyak vocabnya kok, jadi tenang aja.

Tambahan lagi, kalo mau belajar dari internet, aku nyaranin belajar di lesson 1 atau lesson 2. Di sana juga ada audionya kalo mau tau cara pengucapannya. Atau kalo mau click di sini. Itu juga postinganku hasil nyari di berbagai site. Bisa juga cari di wikipedia tentang hangul, hanguk, sama hangugeo. Oya tambahan, kalo hangul=tulisan korea, hanguk=korea, hangugeo=bahasa korea, namhan=korea selatan. Di Korea juga ada kanji lho, namanya hanja. Tapi orang Korea sekarang udah jarang yang nulis pake hanja. Biasanya buat nulis marga.

Nah, kalo ada yang mau ditanyain tanya aja, nggak usah sungkan. Emang sih aku juga masih pemula, tapi kalo emang aku tau kuusahain buat jawab.
Keureom, hangugeo gongbuhaja!! 