Jangan Diet Sembarangan

by nuzuli ziadatun ni'mah


Jadi sebelum memulai diet, ada baiknya kita tahu dulu aktivitas tubuh kita itu kayak apa.

Pertama. Diet itu bukan berarti nggak makan di pagi hari dan malam hari, itu bukan hal yang benar. Tubuh kita sebetulnya punya aktivitas yang padat di pagi hari. Jadi antara jam 3-5 tubuh kita aktif menghasilkan darah merah di sumsum tulang belakang. Makanya kita bakal ngerasa capek banget kalo bergadang sampai jam itu.

Habis itu, jam 5-7 tubuh kita merombak sel darah merah yang sudah tua di dalam hati, yang kemudian di saring di ginjal. Makanya kalo jam-jam segitu, kita biasanya pengen buang air kecil, dan itu emang harus.
Nah, jam 7-9 giliran usus halus kita yang bekerja. Tubuh kita yang telah melakukan de-toxin selama tidur butuh energi, dan usus halus pasti akan bekerja pada jam itu. Makanya kalo kita pagi-pagi nggak makan, kadang-kadang perut melilit, itu dia alasannya. Karena itu juga, kalo pagi kita wajib makan, meskipun telat. (yah, aku juga bukan orang yang tertib makan, tapi setelah tau ini aku jadi mencoba tertib. Masih kadang-kadang sih.. hehe)

Kedua. Kalo menurutku, ngemil pas diet itu bukannya nggak boleh, tapi liat jam dan cemilan yang kita makan. Kalo emang cemilannya rendah kalori, silakan, tapi kalo emang berlemak banget jangan kebanyakan. Lebih enak kalo misalnya ngemilnya buah buahan, nggak perlu takut kebanyakan lemak. Oya satu lagi, secara ilmiah, sebetulnya kacang itu terbukti nggak bikin jerawatan lho, dan itu udah diuji sama ahlinya. Tapi kalo nggak mau ngambil resiko juga nggak pa-pa sih. Trus hindari ngemil di malam hari. Kalo misalnya pengen makan, minum aja air putih, seenggaknya itu bisa menghilangkan keinginan ngemil. Atau kalo nggak, cari kegiatan gitu yang bakal mengalihkan perhatian kita. Misalnya nulis, kalo suka, atau ngegambar—itu sih aku… hahaha.

Ketiga. Jangan lupa olahraga. Kalo misalnya mau ngilangin lemak di kaki, perbanyak lari. Tapi jangan terlalu berlebihan, bisa-bisa betisnya malah membesar karena otot. Tapi nggak perlu khawatir banget sih, soalnya cewek nggak mungkin ngebentuk kayak cowok, kita nggak punya hormone yang sama kayak mereka. Oya, coba juga sit up tiap pagi habis bangun tidur. Sepuluh kali tiap pagi juga cukup, asalkan dilakukan setiap hari, pasti perutnya bakal mengecil. Itu juga bisa membantu mengurangi nafsu makan, soalnya otot perut akan mengencang dan nggak akan seelastis sebelum kamu mulai sit up. Oya, tips dariku, kalo baru pertama kali, biasanya perut bakal sakit di hari ke 2 apa ke 3, tapi kalo mau berhasil, terusin aja, jangan berhenti. Ntar lama kelamaan akan terbiasa kok. Dan kalo takut tulang ekornya sakit, ganjal pake bantal kecil, misalnya bantal sofa gitu.

Jadi gitu deh, kalo misalnya ada yang salah dari apa yang kutulis di atas, atau kalian nggak percaya nggak apa kok, santai aja. Tapi seenggaknya itu udah terbukti di aku. Hehehe…. Selamat berdiet ria kawan….