Musical Score

by nuzuli ziadatun ni'mah



Rasanya nggak mungkin ada seorang pemusik yang tidak kenal tangga nada. Seandainya ada pun itu hanyalah sebuah pengecualian dengan perbandingan 1:1000 atau lebih. Sayangnya sekarang ini walaupun aku bisa main gitar, main drum dengan sotoy, dan sedikit banget piano, tapi aku nggak tau tangga nada gitar dan nggak bisa baca not balok. Setiap kali main aku hanya menghafal chordnya saja dan nggak pernah bisa ngestem gitar.

Bukannya aku belum pernah belajar atau belum ada orang yang mengajari, tapi entah bagaimana setiap ada orang yang memberitahukanku cara ngestem gitar, aku selalu menganggapnya sebagai angin lalu. Padahal aku benar-benar ingin tahu caranya dan mengendapkannya di dalam pikiran sebagai sebuah pengetahuan lain yang berharga. Tapi kayaknya otakku menolak untuk mengingat dengan sendirinya. Aku ini orang yang lebih suka mengingat secara practical dan bukannya teoritical. Makanya untuk hal-hal yang hanya bersifat teori aku akan dengan mudah melupakannya. Seandainya saja aku punya waktu seharian penuh untuk belajar main gitar dan drum, aku rasa aku akan menganggap hari itu sebagai hari terbaikku. Gitar dan drum. Dua alat musik yang sangat ingin kukuasai karena aku mengaguminya sejak dulu kala. Sayangnya, sampai sekarang aku belum merasa akan ada yang mengajariku keduanya.