If Tommorow (never) Comes

by nuzuli ziadatun ni'mah


Saya sudah hidup belasan tahun lamanya. Dan kalian tau, hal yang begitu ingin saya syukuri setiap hari adalah bahwa saya masih hidup dan bisa tahu banyak hal tentang dunia yang sangat fana dan berbahaya ini. Yah bisa dikatakan kalau dunia ini semakin gila setiap waktu berlalu, dan itu berlangsung sangat cepat. Banyak hal yang membuat saya benar-benar penasaran.

Nenek kakek saya sudah sangat tua, dan mereka lahir bahkan sebelum negara ini merdeka. Sejak itu sampai sekarang, sudah tidak terhitung apa saja yang berubah, dan itu belum lagi mereka meninggal. Bagaimana keadaan nanti saat saya setua mereka? Apa yang akan terjadi pada dunia? Apakah semuanya akan tetap seperti yang selama ini diharapkan semua orang, damai?

Pikiran itu mengganggu saya sesekali. Mungkin orang menganggap saya orang yang nggak penting dan hanya membuang waktu.

Tapi bagaimana pun harus ada orang yang berpikir demikian.

Saya bukannya menyombong, tapi saya sangat ingin membuat orang lain berpikir demikian juga, jadi semua orang akan merasa peduli pada masa depan. Yah, sedikit sombong dan egois memang, tapi itu salah satu harapan saya.

Sekarang saya masih bisa berbuat apa-apa—belum. Tapi suatu hari nanti, ketika saya sudah bisa berdiri sendiri, saya ingin bisa membuka jalan sendiri. Bukan mengikuti jalan orang lain. Terkadang memang rintangan yang menghadang sedikit ekstrim dan selalu saja ada. Tapi ketika kita bisa menyelesaikannya sendiri, semuanya akan terasa sangat menyenangkan. Saat kita hanya mengikuti orang lain, suatu saat jika orang itu berhenti kita juga harus berhenti. Meski berjalan sendiri sangat berbahaya, tapi dengan begitu, barulah kita bisa menentukan sendiri jalan kita.

Kita adalah milik kita sendiri, jadi kita jugalah yang seharusnya mengerakkannya sesuai keinginan kita.

Dalam konteks yang baik tentu saja.

Di masa muda ini, ada banyak hal yang selalu terasa membingungkan dan dalam waktu yang sama sangat menggiurkan.

Bertanyalah tentang yang tidak kita ketahui, dan dapatkan jawabannya dari orang yang tepat.

Orang-orang tidak selalu sebaik kelihatannya. Bahkan bisa saja saya pun tidak demikian….