From One Song to Another

by nuzuli ziadatun ni'mah


Lagu.

Kata orang, dengan lagu kita bisa mengungkapkan perasaan kita pada seseorang. Dengan lagu kita bisa membuat orang lain senang. Dan dengan lagu semuanya akan terasa lebih indah. Tapi buat saya, lagu punya makna lain selain hal-hal itu, yaitu sebagai memory recorder. Kenapa? Hahaha…. Bahkan sebenarnya saya agak bingung menceritakannya.

Begini, saya sangat menyukai musik, meskipun nggak semua jenis musik. Terkadang apa yang saya suka malah lagu-lagu yang nggak biasa, dan cukup lawas. Tapi di dalam lagu-lagi itu tersimpan kenangan saya akan sesuatu.

Saya juga suka menyanyi, walaupun memang suara saya nggak begitu bagus. Dan setiap kali saya suka pada sebuah lagu, saya akan terus menyanyikannya sampai orang-orang di dekat saya terganggu. Hahahaha…. Tapi karena itu pula, kenangan saya selama menyanyikan lagu itu akan tersimpan dengan sendirinya di dalam lagu itu. Maksudnya, saat saya menyanyikannya lagi, saya akan dengan sendirinya ingat pada kejadian saat itu.

Misalnya saja ni, saya selalu ingat kenangan DIKSAR saat menyanyikan lagu The Second You Sleepnya Saybia. Padahal hanya karena sebelum berangkat saya nggak sengaja mendengar reffnya di Jamm Session, yang akhirnya membuat saya ‘kesetrum’ dan menyanyikan reffnya terus selama 5 hari berikutnya sepanjang DIKSAR SATUB berlangsung. Jika dibayangkan memang membosankan, menyanyikan reff yang sama selama 5 hari. Tapi berhubung lagu itu saya dengar tepat sebelum berangkat, jadi hanya itu yang saya ingat. Walau pada saat-saat terakhir akhirnya saya menyanyikan reffnya The Spirits Carries On saking frustasinya di hari terakhir DIKSAR. Hahahahaha….

Jika orang pernah bilang lagu bisa mengekspresikan perasaan kita, rasanya memang benar.

See? Dengan musik orang selalu terlihat bahagia. Makanya saya memilih musik untuk menyimpan memory saya yang berharga. Bahkan terkadang metode itu saya gunakan untuk mengingat rangkuman buat ujian. Hahahha….

Dan karenanya pula, setiap lagu yang menyimpan kenangan-kenangan saya akan sesuatu terus saya nyanyikan. Itu juga yang menjadi alasan saya belajar bermain gitar selama ini. Agar kenangan-kenangan itu tidak hilang dari ingatan saya. Bahkan saya sekarang punya impian baru, agar setiap saya menyanyikan lagu apapun, selalu ada hal yang saya ingat, entah itu sesuatu yang menyenangkan, atau mungkin yang menyebalkan sekalipun. Karena dengan demikian, lagu-lagu itu menjadi bermakna buat saya. Dan saya rasa, itu hal yang juga diinginkan oleh si pembuat lagu. Benar kan?! ^^