Manusia

by nuzuli ziadatun ni'mah


Saya selalu berpikir tentang banyak hal di sekitar saya…

Bukan sesuatu yang luar biasa memang, jika kita memikirkan manusia lain di sekitar kita. Namun terkadang bahkan hanya untuk sekedar menyadari keberadaan orang lain itu seorang manusia akan dengan tidak mudah menerimanya.

Banyak hal berbeda dari satu individu dengan individu lainnya, makanya manusia membutuhkan manusia lain untuk hidup.

Pun manusia juga akan dengan mudah saling mendebat karena adanya manusia lain di sampingnya. Itu akan selalu menjadi sesuatu yang wajar.

Jika dan hanya jika ada orang lain di sekitar kita.

Kita butuh manusia lain untuk saling mendukung, menyemangati, bahkan untuk saling mendebatkan sebuah pendapat. Terkadang terpikir olehku bagaimana ketika kita hidup sendiri?

Kita tidak bisa bertanya, tidak bisa mendebat, tidak pula ada yang bisa mendukung ataupun didukung.

Kita jelas butuh orang lain di samping kita.

Namun manusia lebih sering serakah. Selalu mau memilih manusia lain yang hanya bisa mendukung, bukan membantah. Padahal, kita hanya manusia lho. Yang harusnya hanya bisa menerima pemberian Tuhan.

Ketika suatu saat ada ketidakcocokan, di sana lah kemanusiaan itu harusnya ada. Idealnya. Ya, idealnya demikian.

Nilai-nilai kemanusiaan yang dapat memanusiakan sesama manusia itu kini mulai ditinggalkan. Padahal pada hakekatnya semua manusia itu punya. Namun mengapa dilupakan? Apa yang salah di sini?

Mungkin untuk sekarang itu masih akan menjadi pertanyaan besar untuk saya. Semoga kita menjadi manusia yang dapat memanusiakan manusia lain.