Saya Rasa….

by nuzuli ziadatun ni'mah


Saya benar-benar nggak yakin dengan diri saya saat ini…

Entahlah bagaimana menjelaskannya, saya bahkan tidak tahu harus mulai dari mana…

Ini tentang sesuatu yang saya rasa, saya kira, dan justru sangat takut jika ternyata itu nyata…

Menyukai manusia lain. Kata ‘suka’ menjadi sebuah batasan yang general, baik untuk wanita maupun laki-laki. Saya pun orang yang menyukai semua orang di sekeliling saya, dan saya rasa perasaan suka itu cukup mendalam.

Mencintai manusia lain.

Ini hal yang lebih sulit. Sejujurnya saya tidak pernah benar-benar tahu arti kata itu. Tapi saya sering menyadari ada sesuatu yang berbeda dengan saya saat memikirkan orang yang dimaksud. Saya bahkan sering merasa ‘sakit’, merasa sedih, atau bahkan perasaan lain yang saya tidak tahu bagaimana mendeskripsikannya.

Saya tidak mengerti.

Mungkin saya menyukai dia, atau justru saya cinta? Saya bingung pada siapa saya harus menceritakan ini. Ini bukan hal yang bisa dan saya percayakan kepada orang lain selain hati saya sendiri. Namun semakin dipendam saya semakin khawatir, saya semakin sakit. Dan saya benar-benar tidak mengerti.

Saya dan dia tidak mungkin akan seperti orang yang saling menyukai pada umumnya. Saya takut. Saya tidak yakin, meski hati saya sudah merasa berbeda. Saya takut mengartikan, saya takut perasaan itu salah dan melewati batas, dan saya takut jika itu benar-benar nyata.

Jika mungkin itu semua bebas adanya, saya begitu menghargainya. Namun kami mungkin tidak akan pernah benar-benar bersama.

Saya takut.

Saya benar-benar takut.

Saya bukan jenis orang yang mudah menyukai orang lain dengan begitu mendalam. Saya hanya bisa suka pada orang yang telah lama saya kenal, saya tahu baik jeleknya. Tapi saya tidak pernah benar-benar tahu kapan perasaan itu berubah.

Ya, saya rasa perasaan saya padanya telah berubah lebih dalam.

Saya rasa saya mencintainya….