Banda Neira, di Atas Kapal Kertas

by nuzuli ziadatun ni'mah


Suatu ketika, di saat yang lalu saya kembali membacanya, Banda Neira. Dan seketika itu juga saya langsung mengarahkan krusor ke kedua kata itu.

Kakak angkatan saya lah yang membuat saya menemukan lagu ini. Dan jujur saja, alasan saya akhirnya mau mendengarkan adalah karena nama Banda Neira itu sendiri, yang entah bagaimana begitu sering saya temui akhir-akhir ini. Mungkin itu memang bukan sebuah tempat yang bernama Banda Neira yang dimaksud, namun tetap pikiran saya ke arah sana sewaktu saya membacanya pertama kali.

Pertama kali saya tiba-tiba merasa tertarik pada tempat itu adalah seminggu yang lalu, ketika membuka altas Indonesia yang entah mengapa terlihat menarik kala itu. Membuka Propinsi Maluku dan menemukan Banda Neira dengan segera. Melihatnya dibahas di koran tidak lama setelahnya, dan menonton TV yang membahasnya. Lalu beberapa kali tanpa sadar teringat Banda Neira. Hingga akhirnya lagu ini tiba di depan mata saya.

Padahal sudah sangat lama bahkan untuk membuka account kakak angkatan yang saya kagumi itu. Namun ketika membukanya beberapa saat yang lalu, postingan Banda Neira (Di Atas Kapal Kertas) masih terlihat di jajaran paling atas.

Sebuah pertanda kah? Entah, saya pun tidak tahu.

Tapi ketertarikan saya dengan frasa itu melebihi yang saya duga. Dan kenyataan bahwa saya begitu sering bertemu dengannya membuat saya ingin mencari tahu lebih dalam, lebih dekat, dan lebih cepat.

Apakah frasa itu akan berarti dalam hidup saya nanti?

Saya pun tidak tahu. Dan itu akan tetap menjadi rahasia dunia hingga waktunya tiba.

nuzulizn