Stagnasi

by nuzuli ziadatun ni'mah


Saya mulai merasa lelah hari ini. Ah bukan, mungkin sebenarnya perasaan ini sudah datang jauh-jauh hari, tapi baru hari ini saya bisa mengungkapkannya di ‘published diary’ ini.

Jujur saja, terkadang saya merasa tidak penting menulis di sini, atau di tempat lain kecuali diary saya yang ada di kosan. Tapi mungkin kesenangan menulis membuat saya merasa mengkhianati blog ini jika kemudian lupa mengisi dan mengunjunginya.

Jadi begini, akhirnya saya merasa saya sedang mengalami stagnasi. Hanya bisa berdiam diri sepanjang hari, tidak melakukan apapun kecuali membaca novel dan mendengarkan musik, lalu memusingkan isi novel yang mungkin menurut orang lain tidak penting atau semacamnya.

Tapi hal yang jelas-jelas membuat saya merasa terganggu adalah tugas kuliah saya yang tidak pernah saya sentuh sebelum H-1 jam dikumpul.

Well, mungkin itu juga bukan bagian yang paling buruk, karena toh kemudian saya menyadari jika saya sedang terlalu berusaha untuk memikirkan ‘hidup’ saya secara mendalam. Itu berlangsung sudah cukup lama hingga saya jadi terlalu sering melamun. Bahkan kadang saya mendapati sedang mengasihani diri sendiri. Ah ironi.

Tapi biarlah, yang terjadi pada saya terjadilah. Toh semakin saya berusaha lupa malah saya akan sering ingat.

Oke, mari kembali ke bahasan yang ingin saya angkat di sini.

Di suatu saat yang lalu, saya pernah ngeposting tujuan utama saya masuk Mapala, yaitu riset untuk novel yang akan saya buat. Semakin lama, novel itu semakin terlupa. Bukannya saya lupa, tapi saya justru takut untuk meneruskan, karena setiap bagian dari novel itu selalu terwujud menjadi kenyataan, dan karenanya saya berhenti menulisnya.

Kini setelah hampir 3 tahun lamanya sejak saya pertama kali menuliskannya, saya rasa sudah saatnya meneruskan. Ini mungkin tadinya hanya novel teenlit dengan kisah cinta pada umumnya, tapi semoga riset saya bisa setidaknya memperkaya isinya.

And so, saya merasa butuh vacum dari blog ini sampai bulan November nanti. Jadi selamat membaca postingan basi.🙂

nuzulizn