Apa yang membuatmu melakukan kesalahan yang sama?

by nuzuli ziadatun ni'mah


Suatu ketika, datang hari dimana kamu menyesali banyak tindakan dan banyak situasi. Atau ketika kamu begitu mensyukuri hidup dengan segala kemudahan yang kamu terima. Lalu kamu berjanji untuk lebih mensyukuri segalanya, untuk berhenti mengharapkan hal yang tak jelas perkaranya, untuk memaafkan setiap yang pernah melukaimu, untuk memupuk harapan sekali lagi, untuk berjalan dengan mantap, untuk menuliskan kembali keinginan yang terlupakan. Ya, untuk melakukan segala hal itu.

Apa yang membuatmu melakukan kesalahan yang sama?

Sekali lagi, kamu tersandung batu yang sama, meski mungkin di tempat yang berbeda.

Sekali lagi, kamu berharap bahwa kesalahan-kesalahan itu bisa mendewasakanmu, hal-hal bodoh itu bisa memberi pelajaran berharga untukmu, kesempatan kedua bisa kau manfaatkan lebih baik lagi, dan hidup seharusnya menjadi lebih menyenangkan daripada masa sebelumnya.

Apa yang membuatmu melakukan kesalahan yang sama?

Sekali lagi kamu mengingat kesalahan-kesalahan yang telah kamu perbuat. Lalu kamu sadar, betapa panjang waktu yang kau habiskan untuk hal yang tidak berguna dan tak seberapa. Lalu kau juga sadar, betapa banyak hal yang telah memberimu pelajaran berharga. Lalu kau ingat, berapa kali kau mencoba untuk berhenti dan bertobat. Berapa kali kau mencoba untuk bangkit membangun kembali harapan masa lampaumu yang sempat terlupakan.

Apa yang membuatmu melakukan kesalahan yang sama?

Ada kalanya kesalahan harus diulang agar teringat dengan kesalahan yang lalu. Ada waktunya janji yang terlupa akan dibayar. Ada masanya ketika kedewasaan menyambangimu dengan mantap tanpa ragu. Ada tempatnya untuk menyimpan banyak ingatan.

Ya, ada kesalahan yang mungkin kau ulang kembali.

Tetapi ada pemahaman yang akan terus berkembang seiring kamu mendewasakan dirimu sendiri.

wordsflow